BBM Naik (Lagi!!!!)

Tadi pagi saat menuju kantor, seperti biasa saya naik pete-pete (sebutan untuk Angkutan Kota dalam Bahasa Makassar).

Sampai di tempat tujuan, saya pun turun dari pete-pete dan membayar. Saya membayar dengan uang sepuluh ribu rupiah, dan dikembaliin dengan uang lima ribu rupiah.

Saya sempat bingung, supirnya ini tidak punya uang seribu atau apa, kok kembaliannya cuma lima ribu, padahal tarif angkutan hanya empat ribu rupiah, artinya kembaliannya seharusnya enam ribu rupiah.

Supir pete-pete hanya sekedar memberi kode dengan anggukan kepala, memberi tanda bahwa kembaliannya sudah benar. Sedetik kemudian saya sadar, ini pasti dampak kenaikan BBM yang baru saja diumumkan tadi malam. Saya pun menerima uang lima ribu itu dengan pasrah.

Yeah, dalam dua tahun ini, Indonesia sudah dua kali menaikkan harga BBM.

Tahun lalu, katanya, harga minyak dunia sedang naik, jadi mau tidak mau harga BBM harus dinaikkan.

Nah, tahun ini yang agak rancu. Karena harga minyak dunia sedang turun, tapi pemerintah malah (kembali) menaikkan harga BBM.

Tadi malam, Presiden Jokowi mengumumkan kenaikan harga BBM.

Solar dan Premium naik dua ribu rupiah.

Dan dampak yang paling pertama saya rasakan setelah kenaikan BBM ini adalah naiknya tarif pete-pete yang setiap hari saya gunakan ke kantor.

That’s why, saya jarang mengeluh kalau ada mahasiswa yang demo karena kenaikan BBM (kecuali kalau demonya sudah anarkis dan saya ada disana menyaksikannya). Karena kenaikan BBM sangat berdampak nyata terhadap saya sebagai pengguna angkutan umum.

Saya Saat Aksi Penolakan Kenaikan Harga BBM, 2013

Saya Saat Aksi Penolakan Kenaikan Harga BBM, 2012

Dan supir pete-pete juga kadang curang. Pernah ada momen dimana harga BBM naik, tarif angkot juga naik. Sekalinya harga BBM turun, eh harga angkot tidak ikut turun. Curang, kan?

Dan hal lain yang meresahkan adalah harga BBM naik, tapi gaji tidak naik.

Ampun deh 😥

Tinggalkan Balasan

