Aslinya Fort Rotterdam

Selama ini, karena namanya Benteng Fort Rotterdam, saya selalu mengira kalau benteng ini dibangun oleh Belanda pada masa penjajahan. Setelah membaca satu artikel mengenai sejarah Benteng Fort Rotterdam di historia.id, saya baru tahu kalau ternyata benteng ini dibangun oleh rakyat Makassar sendiri tahun 1545 pada masa Raja Gowa Ke – 9, I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi’ Kallonna, dan diberi nama Benteng Ujung Pandang.

Source : Pattingaloang

Saat terjadi perseteruan antara Sultan Alauddin dan VOC terkait dilarangnya masuk pedagang dari Makassar ke Malaka pada tahun 1615, kantor perwakilan VOC di Makassar ditutup. Benteng-benteng yang ada di pesisir Makassar diperkuat. Sebanyak 8 benteng pertahanan dibangun pada saat itu. Benteng Tallo, Benteng Panakkukang, Benteng Ujung Pandang, Benteng Barokbaso, Benteng Barombong, Benteng Garasi, Benteng Mariso, dan Benteng Ujung Tanah.

Berpuluh-puluh tahun setelahnya, pada masa pemerintahan Sultan Hasanuddin (cucu dari Sultan Alauddin), Perang Makassar pecah (1666-1667) dan kemudian diakhiri dengan penandatanganan Perjanjian Bongaya. Perjanjian ini sendiri sebenarnya adalah deklarasi kekalahan Kerajaan Gowa-Tallo, yang mana isi perjanjiannya sangat merugikan pihak kerajaan. Salah satu akibat dari perjanjian tersebut adalah dihancurkannya semua benteng kecuali Benteng Ujung Pandang.

 

Saat VOC berhasil menduduki Makassar, Gubernur Jenderal VOC bernama Laksamana Cornelis Speelman mengambil alih Benteng Ujung Pandang dan mengubah namanya menjadi Benteng Fort Rotterdam, diambil dari nama kota kelahiran Sang Jenderal. Kembali dilakukan pembangunan pada benteng ini yang mana bangunannya masih bisa kita lihat sampai sekarang.

fort-rotterdam-dari-atas.jpg

Source : Google

rotterdam.jpg

Source : Google

Jadi sebenarnya salah kalau ada yang bilang benteng ini benteng peninggalan Belanda. Menurut kalian, bagusan mana, namanya kembali menjadi Benteng Ujung Pandang atau tetap menjadi Benteng Fort Rotterdam?


Link artikel Di Balik Fort Rotterdam

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s